The Power of Silaturahmi

Pengalaman yang didapat dari tugas silaturahmi
Jadi di Ecourse 2.0 tanggal 22 Maret lalu, kita dapet tugas dari mentor-mentor kami untuk menghubungi minimal 60 orang yang sudah lama kita tidak hubungi, atau boleh juga kenalan dengan orang baru dengan minimal 3 pertanyaan dan jawaban. Pesannya: “rasain deh! Nanti pasti dapet magic-magic seru!”
-Btw, Ecourse ini adalah Bimbel buat pengusaha yang dibikin sama anak-anak penerima beasiswa dari Kampus Umar Usman.-
Setelah ngobrol dg 60+ orang, di semua media sosial yang terpikirkan, awalnya jujur kerasa biasa aja sih, mungkin karena uda ada jiwa sksd sebenernya gue itu.. xD tapi sampe selesai, masih nunggu2 dimana yah magicnya? ko belom kerasa? Selain saya akhirnya bisa ngobrol sama pak Indrawan Nugroho. hehe #fangirling
Tapi ‘magic’ yang di dapetin itu emang dateng nya di saat2 terakir.. pas ngerasa tugasnya udah kelar, baru deh percakapannya jadi berbeda. hehe..
Kaya cerita salah satu mentor yang pernah gue ceritain di blogpost pertama gue, Akbar Singgih, yang cerita tentang dia menantang dirinya sendiri untuk jalan-jalan sampe ada yang nyapa katanya tanpa bawa apapun. trus katanya jalan dari Cinere sampe Fatmawati tuh, gaada juga. Trus akhirnya pasrah deh dia, ato dia lebih nyebutnya Total Surrender. eh, ga berapa lama, temen lamanya ngeliat dia n nyapa deh. Terus dianterin pulang segala. haha.. seru juga.
Nah, kejadiannya jadi kaya mirip gitu kan. Disaat uda mulai kitanya surrender, somehow diri kita jadi lebih kebuka sama peluang-peluang gitu katanya. -hmm.. kayanya menarik untuk dibahas lebih lanjut nih.-
Ok, balik lagi. So here are the things that I learned.
  1. Gue jadi ngeliat kelemahan gue dalam berkomunikasi. awal2nya nyapa, cuma sekedar nyapa, nanya2 kabar, n nunggu ditanya yang spesifik, baru bisa jelasin kegiatan dan kesibukan gue sekarang. Tapi jadi gabisa jadi obrolan seru. karena sebenernya, (lanjut ke next point)
  2. Kegiatan yang sedang menjadi kesibukan gue ternyata seru banget buat kebanyakan temen-temen itu. setelah gue mulai ceritain begitu ditanya kabar, mereka jadi banyak nanya, n obrolannya jadi seru deh. udah gitu,
  3. Sampe ada yang bilang “Tika bikin aku terinspirasi jadi pengusaha!” wow! that feels amazing! menginspirasi seseorang untuk melakukan kegiatan yang kita anggep positif itu kan menyenangkan sekali yah.
  4. Gue juga jadi tau kelebihan gue dalam berkomunikasi. Gue jadi ngeliat ternyata gue cukup berbakat untuk membantu menyelesaikan masalah orang lain.. haha.. mungkin gue bisa memikirkan untuk jadi konsultan. 😀
  5. Ternyata untuk bisa ngobrol sama orang, kita ga harus punya keperluan! Selama ini gue pribadi selalu ngerasa awkward untuk nyapa orang n ngajak ngobrol walopun sebenernya pengen tau kabarnya orang itu, ato sekedar ngobrol. Tapi belom punya topik ataupun punya keperluan untuk diobrolkan. Dan ternyata dari 60+ orang yang gue ajak ngobrol, cuma 1 atau 2 yang berakhir awkward karena gatau mau ngomongin apa. So it means, perbandingannya membuktikan kalo hal tadi ga worthed it banget buat dipikirin. So if you wanna talk to a person, just talk! Pengen deketin cewe/cowo yang lo anggep menarik? Ya ajak ngobrol aja! But, be friendly ya, not creepy. hehe
  6. Ini juga hal penting. Selama ini gue selalu ragu ngobrol sama orang yang gue hormati. Apalagi kalo topiknya belom gitu jelas. Tapi ternyata, ga selalu benar juga. Walopun tetep sih harus minimal ada topik yang kira-kira bisa dibahas, and don’t forget to be interesting! how? by being confident of course!
  7. Kita juga jadi bisa meluruskan pikiran kita yang bercabang dan lagi njelimet loh setelah diobrolin sama orang lain. Kadang, kita juga dapet saran lagi! bonus kan? hihi. Padahal sebelumnya ga kepikiran buat ceritain hal tersebut ke orang itu! eh, malah dapet ide baru.hihi..

hmm.. apa lagi yah? segitu dulu aja deh.. hihi.. ntar kalo kepikiran lagi baru di update lagiii~ hihihi

Moga bermanfaat n menginspirasi untuk terus menjalin tali silaturahmi ya!

Cheers and Good luck!

Tika Soedarto ❤

 

Leave a Reply

